Translate

الأربعاء، 6 مارس، 2013

KISI KISI UNAS SMP thn 2012-2013



1. KISI-KISI UJIAN NASIONAL TAHUN PELAJARAN 2012/2013
A. KISI-KISI UJIAN NASIONAL SMP/MTs
1. BAHASA INDONESIA SMP/MTs
NO KOMPETENSI INDIKATOR
Mengidentifikasi isi dan bagian suatu teks.
Menentukan persamaan isi berita.
Menentukan perbedaan penyajian berita.
Mengidentifikasi isi teks biografi/iklan.
Menentukan kalimat fakta/opini dalam teks iklan.
Menyimpulkan isi paragraf.
Mengidentifikasi isi grafik, tabel, bagan, denah.
Mengidentifikasi unsur intrinsik puisi.
Mengidentifikasi unsur intrinsik cerita pendek/cerita
anak.
Mengidentifikasi perbedaan karakteristik dua novel.
1 Membaca dan memahami berbagai
teks nonsastra (biografi, artikel,
berita, iklan, tabel/diagram, bagan,
grafik, peta, denah), berbagai karya
sastra (puisi, antologi puisi, cerpen,
buku kumpulan cerpen, cerita anak,
buku cerita anak, novel remaja, novel
angkatan 20 – 30-an, dan drama).
Mengidentifikasi unsur intrinsik drama.
Menulis catatan pengalaman pada buku harian.
Menulis pesan singkat sesuai konteks.
Menulis laporan/pengumuman/resensi.
Melengkapi surat pribadi/surat dinas/surat pembaca.
Menulis rangkuman.
Menulis teks berita sesuai konteks.
Menulis slogan sesuai konteks.
Menulis iklan sesuai konteks.
Menyusun petunjuk melakukan sesuatu.
Menulis teks pidato.
Menulis rumusan masalah karya ilmiah/saran karya
ilmiah/daftar pustaka.
Menyunting kalimat, ejaan/tanda baca, pilihan kata.
Melengkapi pantun.
Melengkapi puisi.
2. Menulis dan menyunting teks
nonsastra dengan menggunakan
kosakata yang bervariasi dan efektif
dalam bentuk buku harian, surat
pribadi, surat dinas, narasi dan pesan
singkat, laporan, pengumuman,
petunjuk, rangkuman, teks berita,
slogan/ poster, iklan, resensi dan
karangan, surat pembaca, teks pidato,
dan karya ilmiah; menulis teks sastra
dalam bentuk puisi, pantun, dongeng,
cerpen, dan drama.
Melengkapi naskah drama. Kompetensi–Standar Isi–2012-2013 2
2. BAHASA INGGRIS SMP/MTs
NO KOMPETENSI INDIKATOR
Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf
atau informasi tertentu/informasi rinci/informasi
tersirat atau rujukan kata atau makna kata/frasa atau
tujuan komunikatif dalam teks fungsional pendek
berbentuk caution/notice/warning, greeting card,
letter/e-mail, short message, advertisement,
announcement, invitation, schedule.
Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf
atau informasi tertentu/informasi rinci/informasi
tersirat atau rujukan kata atau makna kata/frasa atau
tujuan komunikatif dalam teks berbentuk procedure.
Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf
atau informasi tertentu/informasi rinci/informasi
tersirat atau rujukan kata atau makna kata/frasa atau
tujuan komunikatif dalam teks berbentuk descriptive.
Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf
atau informasi tertentu/informasi rinci/informasi
tersirat atau rujukan kata atau makna kata/frasa atau
tujuan komunikatif dalam teks berbentuk recount.
Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf
atau informasi tertentu/informasi rinci/informasi
tersirat atau rujukan kata atau makna kata/frasa atau
pesan moral/tujuan komunikatif dalam teks berbentuk
narrative.
1. READING (Membaca)
Memahami makna dalam wacana
tertulis pendek baik teks fungsional
maupun esai sederhana berbentuk
deskriptif (descriptive, procedure,
maupun report) dan naratif (narrative
dan recount) dalam konteks
kehidupan sehari-hari.
Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf
atau informasi tertentu/informasi rinci/informasi
tersirat atau rujukan kata atau makna kata/frasa atau
tujuan komunikatif dalam teks berbentuk report.
Menentukan kata yang tepat untuk melengkapi teks
rumpang bentuk recount/narrative sederhana.
Menentukan kata yang tepat untuk melengkapi teks
rumpang bentuk descriptive/procedure sederhana.
Menentukan susunan kata yang tepat untuk membuat
kalimat yang bermakna.
2. WRITING (Menulis)
Mengungkapkan makna secara tertulis
teks fungsional pendek dan esai
sederhana berbentuk deskriptif
(descriptive, procedure, maupun
report) dan naratif (narrative dan
recount) dalam konteks kehidupan
sehari-hari.
Menentukan susunan kalimat yang tepat untuk
membuat paragraf yang padu dan bermakna. Kompetensi–Standar Isi–2012-2013 3
3. MATEMATIKA SMP/MTs
NO KOMPETENSI INDIKATOR
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
operasi tambah, kurang, kali, atau bagi pada bilangan.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
perbandingan.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
operasi bilangan berpangkat atau bentuk akar.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
perbankan atau koperasi dalam aritmetika sosial
sederhana.
1. Menggunakan konsep operasi hitung
dan sifat-sifat bilangan, perbandingan,
bilangan berpangkat, bilangan akar,
aritmetika sosial, barisan bilangan,
serta penggunaannya dalam
pemecahan masalah.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
barisan bilangan dan deret.
Menentukan pemfaktoran bentuk aljabar.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
persamaan linier atau pertidaksamaan linier satu
variabel.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
himpunan.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
fungsi.
Menentukan gradien, persamaan garis, atau
grafiknya.
2. Memahami operasi bentuk aljabar,
konsep persamaan dan
pertidaksamaan linier, persamaan
garis, himpunan, relasi, fungsi, sistem
persamaan linier, serta
penggunaannya dalam pemecahan
masalah.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
sistem persamaan linier dua variabel.
Menyelesaikan masalah menggunakan teorema
Pythagoras.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas
bangun datar.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
keliling bangun datar.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
kesebangunan atau kongruensi.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
hubungan dua garis: besar sudut (penyiku atau
pelurus).
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan garisgaris istimewa pada segitiga.
Memahami konsep kesebangunan,
sifat dan unsur bangun datar, serta
konsep hubungan antarsudut dan/atau
garis, serta menggunakannya dalam
pemecahan masalah.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
unsur-unsur/bagian-bagian lingkaran atau hubungan
dua lingkaran.
Menentukan unsur-unsur pada bangun ruang.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
kerangka atau jaring-jaring bangun ruang.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
volume bangun ruang.
3.
Memahami sifat dan unsur bangun
ruang, dan menggunakannya dalam
pemecahan masalah.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan luas
permukaan bangun ruang. Kompetensi–Standar Isi–2012-2013 4
NO KOMPETENSI INDIKATOR
Menentukan ukuran pemusatan atau
menggunakannya dalam menyelesaikan masalah
sehari-hari.
4. Memahami konsep dalam statistika,
serta menerapkannya dalam
pemecahan masalah.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
penyajian atau penafsiran data.
5. Memahami konsep peluang suatu
kejadian serta menerapkannya dalam
pemecahan masalah.
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
peluang suatu kejadian. Kompetensi–Standar Isi–2012-2013 5
4. ILMU PENGETAHUAN ALAM SMP/MTs
NO KOMPETENSI INDIKATOR
1. Melakukan pengukuran dasar secara
teliti dengan menggunakan alat ukur
yang sesuai dan sering digunakan
dalam kehidupan sehari-hari.
Menentukan besaran pokok, besaran turunan dan
satuannya atau penggunaan alat ukur dalam
kehidupan sehari-hari.
Menentukan sifat-sifat zat berdasarkan wujudnya
atau penerapan dalam kehidupan sehari-hari.
Menentukan konversi suhu pada termometer.
2. Menerapkan konsep zat dan kalor
serta kegunaannya dalam kehidupan
sehari-hari.
Menentukan besaran kalor dalam proses perubahan
suhu atau penerapan perubahan wujud zat dalam
kehidupan sehari-hari.
Menentukan jenis gerak lurus atau penerapan hukum
Newton dalam kehidupan sehari-hari.
Menentukan besaran fisis pada usaha atau energi .
Menentukan penerapan pesawat sederhana dalam
kehidupan sehari-hari.
3. Mendeskripsikan dasar-dasar
mekanika (gerak, gaya, usaha, dan
energi) serta penerapan konsep
tekanan dalam kehidupan sehari-hari.
Menentukan besaran fisis yang terkait dengan
tekanan pada suatu zat.
Menentukan besaran fisis pada getaran atau
gelombang.
Menjelaskan sifat bunyi atau penerapannya dalam
kehidupan sehari-hari.
4. Memahami konsep-konsep dan
penerapan, getaran, gelombang,
bunyi, dan optik dalam produk
teknologi sehari-hari.
Menentukan sifat cahaya, besaran-besaran yang
berhubungan dengan cermin/lensa atau penerapan
alat optik dalam kehidupan sehari-hari.
Menjelaskan gejala listrik statis dalam penerapan
kehidupan sehari-hari.
Menentukan besaran-besaran listrik dinamis dalam
suatu rangkaian (seri/paralel, Hukum Ohm atau
Hukum Kirchhoff) serta penerapannya dalam
kehidupan sehari-hari.
Menentukan besaran fisis energi atau daya listrik
dalam kehidupan sehari-hari.
Menjelaskan cara pembuatan magnet dan kutubkutub yang dihasilkan.
5. Memahami konsep kelistrikan dan
kemagnetan serta penerapannya
dalam kehidupan sehari-hari.
Menjelaskan peristiwa induksi elektromagnetik atau
penerapannya pada transformator.
6. Memahami sistem tata surya dan
proses yang terjadi didalamnya.
Menjelaskan ciri-ciri anggota tata surya atau
peredaran bumi-bulan terhadap matahari.
7 Mendeskripsikan konsep atom, ion
dan molekul dihubungkan dengan
produk kimia sehari-hari.
Mendeskripsikan atom, ion, dan molekul serta
hubungannya dengan produk kimia sehari-hari.
8. Memahami klasifikasi zat serta Mendeskripsikan larutan asam, basa, atau garam. Kompetensi–Standar Isi–2012-2013 6
NO KOMPETENSI INDIKATOR
Mendeskripsikan unsur, senyawa dan campuran
termasuk rumus kimia
perubahannya.
Mendeskripsikan sifat kimia atau fisika zat tertentu
serta perubahannya.
Mendeskripsikan bahan kimia tertentu yang terdapat
dalam beberapa produk kimia.
9. Mendeskripsikan pemakaian bahan
kimia tertentu dalam kehidupan
sehari-hari. Mendeskripsikan bahan kimia adiktif dan obat
psikotropika serta cara menghindarinya.
10. Mendeskripsikan ciri-ciri dan Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup.
keanekaragaman makhluk hidup, serta
pentingnya pelestarian makhluk hidup
dalam kehidupan.
Mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan ciricirinya.
Menjelaskan interaksi antar makhluk hidup dalam
ekosistem.
Menjelaskan usaha manusia untuk mengatasi
pencemaran/kerusakan lingkungan.
11. Mendeskripsikan komponen
ekosistem, interaksi antarmakhluk
hidup dalam lingkungan, serta peran
manusia dalam pengelolaan
lingkungan. Menjelaskan hubungan antara kepadatan populasi
manusia dengan kualitas lingkungan berdasarkan
hasil pengamatan/kasus.
Menjelaskan sistem gerak pada manusia dan
penyakit yang berhubungan dengannya.
Menjelaskan sistem pencernaan manusia dan enzimenzim yang berperan pada proses pencernaan.
Menjelaskan sistem pernapasan pada manusia dan
penyakit yang berhubungan dengannya.
Menjelaskan sistem peredaran darah pada manusia
dan penyakit yang berhubungan dengannya.
Menjelaskan sistem ekskresi dan reproduksi pada
manusia dan penyakit yang berhubungan dengannya.
12. Menjelaskan sistem organ pada
manusia.
Menjelaskan sistem saraf dan alat indera pada
manusia.
Menjelaskan struktur dan fungsi jaringan (organ)
pada tumbuhan.
Menjelaskan cara beradaptasi (respon) tumbuhan
terhadap pengaruh lingkungan luar.
13. Menjelaskan sistem organ dalam
kehidupan tumbuhan
Menjelaskan proses fotosintesis melalui percobaanpercobaan tentang proses tersebut.
Memberi contoh adaptasi makhluk hidup dan seleksi
alam dalam kelangsungan hidup makhluk hidup.
Menginterpretasi proses persilangan berdasarkan
hukum Mendel.
14. Mengaplikasikan konsep
pertumbuhan dan perkembangan,
kelangsungan hidup dan pewarisan
sifat pada organisme serta kaitannya
dengan lingkungan, teknologi dan
masyarakat. Menjelaskan pemanfaatan bioteknologi untuk
kehidupan manusia.

Kompetensi–Standar Isi–2012-2013

‏ليست هناك تعليقات:

إرسال تعليق